Tentang Alat Perencanaan

Peta dan informasi dalam website ini merupakan alat bantu bagi masyarakat dalam melakukan perencanaan masyarakat. Halaman ini menyediakan materi-materi dalam musrenbang, bagaimana menginterpretasikan data perkotaan, dan bagaimana menggunakan mini-atlas.

Empat Langkah Mudah Melakukan Perencanaan Kelurahan

  1. Turut serta dalam Gotong Royong- Setiap orang di Solo sangat membutuhkan ini untuk menjaga lingkungan tetap aman dan nyaman.
  2. Membuat halaman Facebook – Buatlah akun Facebook untuk kelurahan anda dan buatlah link dengan Website Solo Kota Kita. Facebook ini bisa menjadi sarana warga memperoleh informasi tentang kelurahan mereka dan saling terhubung satu sama lain antar warga.
  3. Download Mini Atlas dari www.solokotakita.org – Print atau cetak mini atlas kemudian diskusikan dengan tetangga anda di rumah, atau tempel di papan pengumuman kelurahan. Berbincanglah tentang aset dan masalah di kelurahan anda.
  4. Hadir dan terlibat dalam Musrenbang – Pertemuan perencanaan ini menjadi penting karena keputusan pembangunan jangka pendek di kelurahan ditentukan di sini. Berpartisipasi dalam musrenbang berarti berupaya merealisasikan suara anda dalam perencanaan pembangunan.

Apa itu Musrenbang?

Kata musrenbang merupakan singkatan dari Musyawaran Perencanaan Pembangunan. Kata musyawarah berasal dari Bahasa Arab yang menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Musrenbang, oleh karena itu, identik dengan diksusi di masyarakat / kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah.
LANJUTKAN BACA ->

Mengenal Kota Solo…

Apa yang terjadi di Solo? Panduan ini memberi gambaran singkat tentang Kota Solo, Kelurahan-kelurahan, dan sistem perkotaannya. Bagaimana kondisi kelurahan anda terkait dengan kondisi umum di Kota Solo secara menyeluruh? Bagaimana ranking kelurahan anda dibandingkan dengan kelurahan lain di Kota Solo?

Download: English | Bahasa

Panduan Menfasilitasi Komunitas

Panduan yang kami sediakan membantu memberikan latihan sederhana untuk menggunakan mini atlas sebagai alat bantu diskusi di kelurahan (Musrenbang).

Download Panduan: English | Bahasa