Peluncuran Solo Kota Kita 2013

Solo Kota Kita dengan bangga meluncurkan update solokotakita.org and data base perencanaan kelurahan!

Pertama-tama, silahkan lihat solokotakita.org dan anda akan mendapati dua tampilan data dalam dua tahun yang berbeda. Semua data di tahun 2010 masih ada – sementara itu kami tambahkan update terbaru di tahun 2012.

Berdasar masukan dari masyarakat dan pemerintah kota, kami mengubah beberapa indikator yang kami kumpulkan – sehingga anda mungkin akan menemui beberapa kategori baru seperti persentase penduduk yang menderita kecatatan, dimana banyak masyarakat menganggap itu penting untuk diketahui.

Halaman kelurahan dalam website ini juga diupdate. Table data sekarang menampilkan data 2012 untuk informasi kelurahan dan kota, termasuk perubahan persentase indikator social dan ekonomi 2010 dan 2012. Dengan terupdate nya data ini, maka tidak hanya kita bisa membandingkan indikator, namun juga bisa melacak perubahan yang terjadi selama 2 tahun terakhir. Menjelang musrenbang akhir tahun ini, kami juga akan me-launching mini altas terbaru kami.

Satu hal lagi yang menarik dari data Solo Kota Kita!

Ketika kita memulai tahun 2009, kita masih memakai kertas kuisener yang kita kumpulkan langsung dari tangan ketua RT. Kemudian kita memasukkan data secara manual ke dalam excel sheet. Kemudian, tim kami mendesain metode SMS yang membuat setiap ketua RT mampu mengirim data secara cepat dengan menggunakan handphone mereka. Tentunya metode ini sangat menyingkat waktu yang kami butuhkan dalam survey.

Di seluruh dunia, teknologi mobile phone dipakai untuk berbagai keperluan – misalnya untuk mengelola system pengelolaan air pasca bencana. Kami sangat gembira mampu melakukan test / uji coba ini di Indonesia, dan kami sangat berharap mendengar masukan anda dari apa yang anda saksikan dalam website solokotakita.org!

Buat Komentar

Peluncuran Firm Foundation Banjarmasin

Lebih dari 100 warga Sungai Jingah dan pemerintah berkumpul di tepi Sungai Martapura untuk merayakan pembukaan Firm Foundation!

Solo Kota Kita telah bekerja bersama masyarakat, BAPPEDA dan DTRK, dan PNPM Mandiri selama hampir satu tahun ini di Kota Banjarmasin.

Desain Firm Foundation merupakan hasil dari workshop selama 2 minggu dengan masyarakat yang berlangsung bulan Agustus 2012. Tiga kelompok masyarakat memilih lokasi yang mereka iniginkan serta diminta menyusun program perbaikan ruang public. Hasil dari workshop tersebut adalah desain pembangunan dermaga baru bagi warga sekaligus sebagai pintu masuk ke perkampungan diujung Sungai Andai di tepian Martapura.

Prioritas utama dari kelompok yang usulannya terpilih adalah membangun dermaga dimana perahu mereka bisa bersandar. Hal ini penting karena warga disekitar wilayah ini membeli sayur dan kebutuhan sehari-hari dari pedagang parahu keliling.

Dan tidak begitu lama setelah peresmian, para pedagang menemukan tempat yang nyaman untuk bersandar_bahkan pedagang minuman telah menjajakan dagangan selama pembukaan berlangsung.

Firm Foundation juga menyediakan ruang rekreasi bagi anak-anak disekitar lingkungan tersebut, tempat duduk-duduk atau “kongkow”, dan juga arean menikmati tepian sungai dan air sungai itu sendiri. Dengan mendekatkan aktivitas warga ke sungai, Firm Foundation menempatkan sungai sebagai asset bagi warga dan kota secara menyeluruh.

Saat ini kami sedang mengerjakan “Social Design Field Guide” yang mendokumentasikan dan menggambarkan proses dan media partisipatif yang digunakan selama proses Firm Foundation. Tunggu peluncurannya di internet muali bulan Agustus 2013.

Buat Komentar

Firm Foundation Mendapat Penghargaan dari Design Corps

Firm Foundation meraih penghargaan “2013 SEED Award for Exellence in Public Interest Design” yang diberikan oleh Design Corps setiap tahunnya.

Penghargaan ini diberikan untuk “karya desain yang berdampak sosial, ekonomi, dan lingkungan serta menampilkan upaya penciptaan proyek berkelanjutan dan perubahan positif pada dunia.” Anda bisa melihat lebih lanjut di pengumuman SEED Award tahun ini di Design Corps.

Juga terus pantau perkembangan Firm Foundation melalui “video dispatches” dalam website Firm Foundation.

Buat Komentar

Kabar dari “Firm Foundation”

Oleh Michael Haggerty

Kita kembali dengan kabar baru dari “Firm Foundation” di Banjarmasin.

Kali ini kita mengabarkan tentang proses desain partisipatif di Sungai Jingah. Kami berbagi dan berdiskusi dengan warga Sungai Jingah dalam mendesain ruang publik dan juga titian kayu di sana.

Terus lihat kerja-kerja kami…Anda juga bisa melihat berita kami lewat laporan di AECOM UrbanSOS. Senin depan, kami akan meluncurkan website yang menampilkan desain dan laporan penuh dari Banjarmasin.

Banjarmasin Video Dispatch # 2 from MHaggerty11 on Vimeo.

Buat Komentar

Peluncuran “Firm Foundation” di AECOM.com

Oleh Michael Haggerty

Bulan ini Solo Kota Kita melakukan inisiatif baru di Banjarmasin.

Kami bekerja dengan AECOM UrbanSOS program untuk mendesain dan membangun “Firm Foundation” –
gagasan konsep tentang perbaikan ruang publik dan pengurangan kerentanan lingkungan
yang dibuat oleh relawan-relawan kami yang luar biasa.

Tim kami akan mengirim laporan tiap bulannya dari Banjarmasin tentang proyek tersebut.

Untuk laporan kedua, kami membuat video tentang aktivitas kami “Firm Foundation Cast.”

Banjarmasin Video Dispatch 1 from MHaggerty11 on Vimeo.

Bisa juga anda akses di website AECOM.

Buat Komentar

Laporan Open Knowledge Foundation tentang SKK

Oleh Michael Haggerty

Solo Kota Kita bukan satu-satunya yang tertarik dalam ranah partisipasi, penganggaran, desain, dan komunikasi. Seperti yang ditulis dalam laporan Open Knowledge Foundation yang juga menampilkan proyek-proyek lain dari seluruh dunia yang memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan akuntabilitas dan partisipasi warga dalam pemerintahan. Anda bisa download laporan – “Technology for Transparent and Accountable Public Finance” – di alamat openspending.org.

Terimakasih untuk Lucy Chambers untuk reportasenya!

Buat Komentar

Lagi, SKK tampil di Polis + Kickstarter

Oleh Michael Haggerty

Polis kembali memuat aktivitas SKK dalam salah satu halamannya. Kali ini tentang aktivitas SKK di Banjarmasin. Artikel tersebut memuat kemenangan tim SKK dalam kompetisi UrbanSOS, dengan judul “Firm Foundation” hasil karya Alice Shay, Stephen Kennedy, Bima Pratama P, dan Addina Amalia.

Saat ini, Bima Pratama sedang melakukan riset mendalam di Banjarmasin untuk menyiapkan bahan bagi proyek desain partisipatif yang akan kami lakukan tahun ini. Sementara yang lain melakukan kampanye melalui “kickstarter”. Silahkan lihat materi kampanye kami dalam Kickstarter bagi anda yang belum sempat melihatnya!!

Sekali lagi, terimakasih Polis!

Buat Komentar

SKK tampil di Polis

Oleh Michael Haggerty

Polis, salah satu blog terkemuka tentang Urban Design dan Pembangunan Perkotaan memuat tentang “desentralisasi di Indonesia dan aktivitas Solo Kota Kita”. Terima kasih Polis!!

1 Komentar

SKK tampil di CoLab Radio

Oleh Michael Haggerty

Barangkali anda belum sempat melihat, voluntir kami, Stephen Kennedy dari MIT Urban Planning membuat tulisan menarik tentang pengalamannya di Indonesia di CoLab Radio.

Dia menulis tentang perjalanannya, air dan kekumuhan, dan kerajinan skala rumah tangga.

Banyak video menarik yang bisa anda lihat! terimakasih Stephen untuk tulisannya.

1 Komentar

Sampai ke Ujung Sungai

Oleh Bima Pratama

Solo adalah sebuah kota yang dialri oleh 4 sungai utama ; Bengawan Solo, Kali Anyar, Kali Pepe dan Kali Jenes. Sungai-sungai yang mengalir di kota Solo mempunyai sejarah yang panjang dan kontribusi yang besar terhadap kota, sejak zaman colonial hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan kota Solo, sungai – sungai tersebut turut mengalami perubahan, baik secara fisik, social serta fungsi sungai dan lingkungan sekitarnya.

Perkembangan Kota dari waktu ke waktu dan juga pertumbuhan populasi penduduk, memberikan banyak pengaruh terhadap sungai dan lingkungan sekitarnya. pembangunan yang terus terjadi membuat ruang-ruang pada kota semakin padat, kebutuhan untuk bertahan hidup ditengah tekanan tersebut seperti menekan warga kota hingga ‘keujung batas’. Pemukiman baru berkembang tidak terkendali hampir di sepanjang sungai, sehingga sedikit demi sedikit sungai mulai mengalami kehilangan fungsi dan penurunan kualitas lingkungannya. Letak dan kondisi sungai berpengaruh juga terhadap pemukiman disekitarnya, perbedaan itu dapat terlihat di setiap sungai yang mengalir di Kota Solo.

1 Komentar