Esai dari Bima Pratama Putra, Universitas Sebelas Maret

Berawal dari diskusi tentang kota New York, saya akhirnya tertarik untuk bergabung dalam membuat Solo Citywide Mapping project di Solo Kota Kita. Awalnya mungkin agak canggung dan belum terbiasa saat bekerja bersama Solo Kota Kita, karena ini merupakan sesuatu yang baru untuk saya sendiri. Metode analisis, membuat Figureground dan hal-hal mengenai Urban Planing adalah sesuatu yang asing untuk saya, karena saya sendiri adalah mahasiswa arsitektur yang terbiasa dengan desain mikro.

Solo Kota Kita banyak mengajarkan saya dan juga mahasiswa lainnya yang tergabung, tentang urban planing. Solo Citywide Mapping adalah salah satu proyek dimana saya bisa lebih dekat mengenal Kota Solo yang sudah menjadi “home town” selama belajar Arsitektur. Sesuatu yang baru dan bermanfaat terhadap studi arsitektur yang saya ambil adalah metode analisis dan mapping yang dilakukan oleh Solo Kota Kita. Ketika saya membuat Transformasi Desain di studio kampus, saya banyak memakai metode dan pelajaran yang saya dapat dari Solo Kota Kita dalam membuat beberapa analisis site, hasilnya memang lebih baik dan pengaruhnya terhadap keputusan final desain yang saya ambil sangat besar.

Saya tidak hanya belajar tentang Urban Planing tetapi arsiterktur yang saya tekuni juga semakin berkembang. Saya banyak belajar dari teman-teman dari Univeristas terkenal di luar negeri yang banyak berbagi pengalaman arsitektur dari berbagai negara seperti Eropa dan Amerika. Saya juga banyak belajar dari teman-teman tentang masyarakat dan bagaimana terlibat dalam kerja lapangan bersama masyarakat. Hal ini sangat penting karena sebagai mahasiswa arsitektur saya banyak melakukan survey dan kadang mengunjungi lokasi yang akan saya desain di studio. Saya juga banyak menimba ilmu sosial –budaya dan juga bahasa selama berinteraksi dalam tim kota kita. Yang terakhir, kemampuan memahami konteks sosial menjadi penting, dimana memang aristektur tidak boleh terpisah dari kontek sosial. Arsitektur berasal dari manusia dan diperuntukkan untuk kebaikan manusia umumnya.