Peluncuran Firm Foundation Banjarmasin

Lebih dari 100 warga Sungai Jingah dan pemerintah berkumpul di tepi Sungai Martapura untuk merayakan pembukaan Firm Foundation!

Solo Kota Kita telah bekerja bersama masyarakat, BAPPEDA dan DTRK, dan PNPM Mandiri selama hampir satu tahun ini di Kota Banjarmasin.

Desain Firm Foundation merupakan hasil dari workshop selama 2 minggu dengan masyarakat yang berlangsung bulan Agustus 2012. Tiga kelompok masyarakat memilih lokasi yang mereka iniginkan serta diminta menyusun program perbaikan ruang public. Hasil dari workshop tersebut adalah desain pembangunan dermaga baru bagi warga sekaligus sebagai pintu masuk ke perkampungan diujung Sungai Andai di tepian Martapura.

Prioritas utama dari kelompok yang usulannya terpilih adalah membangun dermaga dimana perahu mereka bisa bersandar. Hal ini penting karena warga disekitar wilayah ini membeli sayur dan kebutuhan sehari-hari dari pedagang parahu keliling.

Dan tidak begitu lama setelah peresmian, para pedagang menemukan tempat yang nyaman untuk bersandar_bahkan pedagang minuman telah menjajakan dagangan selama pembukaan berlangsung.

Firm Foundation juga menyediakan ruang rekreasi bagi anak-anak disekitar lingkungan tersebut, tempat duduk-duduk atau “kongkow”, dan juga arean menikmati tepian sungai dan air sungai itu sendiri. Dengan mendekatkan aktivitas warga ke sungai, Firm Foundation menempatkan sungai sebagai asset bagi warga dan kota secara menyeluruh.

Saat ini kami sedang mengerjakan “Social Design Field Guide” yang mendokumentasikan dan menggambarkan proses dan media partisipatif yang digunakan selama proses Firm Foundation. Tunggu peluncurannya di internet muali bulan Agustus 2013.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *