Saya Memotret Perubahan

Oleh Ardian Pratomo

Komentar spontan muncul dari warga ketika saya berjalan di setiap kampung di Solo, dan mengumpulkan gambar demi gambar yang mewakili kondisi di setiap kelurahan.

“Mas, kok di photo apa mau dibangun?”

“Wah, dana pembangunannya mau cair ya mas?”

Satu hal yang pasti bahwa komentar tadi menunjukkan besarnya harapan warga akan adanya pembangunan di kelurahan. Komentar tadi seperti meluncur polos, yang kiranya menjadi titik poin dimana ditemukannya jarak antara pembangunan dan harapan warga.

Pembangunan di Kota Solo memang bergerak cepat akhir-akhir ini, dan tidak heran masyarakat memupuk berjuta harapan terhadap hasil yang ditimbulkannya. Harapan itu berkembang menjadi fenomena dimana warga menempatkan harapan akan perubahan yang bisa saja berujung ke arah dua kemungkinan berbeda, menjadi penyelamat bagi persoalan mereka atau menjadi bilah pisau masalah baru bagi kehidupan mereka.

Kontras antara kondisi yang dicitrakan pembangunan dengan kenyataan tertangkap jelas oleh kamera saya. Buruknya kondisi lingkungan, minimnya program pembangunan fisik wilayah, menjawab dan memberi alasan yang kuat dari semua komentar yang terlontar. Masyarakat berharap ada perubahan, barangkali gambar dikamera saya akan berubah ketika saya kembali lagi beberapa bulan kedepan. Yang jelas masyarakat punya harapan besar, dan siapa yang harus memenuhi harapan kalau bukan si pelaku pembangunan. Saya tidak punya wewenang menjawab itu, kamera saya akan membuktikan ketika gambar terekam dan komentar masyarakat meluncur berbeda ke arah saya,

“Wah setelah di foto, apakah jalan dan drainase di tempat saya dibangun?”.

Di tengah harapan mereka, saya punya harapan terhadap proses yang sedang saya jalankan, semoga apa yang saya lakukan dapat menjadi pintu masuk untuk melihat realitas sosial, sehingga di masa mendatang pembangunan itu bisa menyentuh harapan masyarakat seutuhnya. Semoga kita bisa memenuhi harapan kita masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *