Sepeda Bagus dan Jalan Bebas Kendaraan

Oleh Michael Haggerty

Kita baru menyadari ternyata banyak sekali sepeda di jalan-jalan Kota Solo.

Mungkin ini musim yang cocok untuk bersepeda_ musim kemarau memang memudahkan orang untuk bersantai di luar rumah. Dan tahun ini, cuaca di Jawa Tengah sangatlah bersahabat. Bahkan mungkin tidak terlalu berdebu seperti biasanya.

Hari ini pula merupakan peringatan setahun “Solo Car Free Day“. Tahun lalu, untuk pertamakalinya pemerintah menutup Jalan Slamet Riyadi yang merupakan koridor ekonomi utama. Setiap Minggu nya jalan ini ditutup dari jam 5.00 pagi hingga 9.00 dan bebas dari kendaraan bermotor. Agenda ini semakin populer dan disukai warga sehingga warga yang tidak punya sepeda sendiri pun, rela hanya sekedar membonceng temannya.

Good Bikes and Free Streets from Michael Haggerty on Vimeo.

Jadi, sangat mungkin Car Free Day telah mendorong banyak orang untuk turut bersepeda dan menggunakan sepeda untuk bekerja, bersekolah dan pergi belanja. Hal ini merupakan pertanda baik_ jika jalan bisa mengakomodir pengguna sepeda, maka di masa mendatang jalan juga bisa nyaman bagi pejlan kaki!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>