Esai oleh Agam Djohar Afandi, Universitas Sebelas Maret

Solo Kota Kita telah menunjukkan pada saya bagaimana bisa berkontribusi pada Solo – kota yang telah menjadi rumah kedua bagi saya. Kami membuat mini atlas yang dapat membantu masyarakat memahami kelurahan mereka dengan lebih baik. Mini atlas juga merupakan alat mempromosikan Kota Solo keberbagai wilayah di Indonesia dan juga di dunia internasional.

Proyek ini adalah pengalaman pertama saya bekerja dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda dan juga dari luar Indonesia – yang juga turut membantu menambah kemampuan saya berbicara Bahasa Inggris. Tim kami bekerja bersama dan berbagi pengalaman meskipun kami berasal dari negara berbeda dengan latar belakang keilmuan yang berbeda pula. Berinteraksi dalam tim ini telah memberi pemahaman baru tentang perencanaan kota dan bagaimana ini terkait langsung dengan arsitektur yang saya tekuni.

Saya juga mulai memahami bahwa belajar dapat dilakukan dimana saja dan dengan berbagai cara untuk memahami fenomena dalam masyarakat kita. Dari Solo Kota Kita, saya belajar bagaimana berbagi ilmu yang saya pelajari dengan orang lain.