Wawancara dengan Walikota

Balaikota Solo – 27 September 2010

Menurut anda, mengapa masyarakat perlu mengetahui informasi tentang lingkungannya?

Walikota Jokowi: Saya pikir data komunitas harus bisa diakses tidak hanya oleh pemerintah, namun masyarakat, yang juga ingin tahu apa yang terjadi di RT, RW dan  kelurahannya.  Dalam Musrenbang, warga bisa menggunakan data untuk memahami kondisi riil di kelurahan mereka. Apa yang mereka usulkan dalam Musrenbang harus berdasar pada kebutuhan riil dan kondisi aktual – tidak hanya asal tebak atau kira-kira. Informasi sangatlah penting.

Bagaimana menurut anda usulan-usulan yang muncul dalam Musrenbang saat ini?

Walikota Jokowi: Kebanyakan orang mengusulkan pembangunan fisik, dari pada sosial ataupun ekonomi. Ada masalah bahwa orang yang aktif berbicara dalam musrenbang hanya orang-orang yang sama setiap tahunnya.

Dari tahun ke tahun, hanya ada orang itu-itu saja, yang saya pikir menunjukkan kurangnya inovasi dalam membangun kota ini. Jika kita punya informasi yang lengkap tentang lingkungan kita, usulan dari musrenbang akan jauh lebih dinamis.

Jadi kalau kita punya database informasi tentang kelurahan, kualitas Musrenbang akan jauh lebih baik?

Walikota Jokowi: Pasti, usulan dalam Musrenbang bukan hanya keinginan-keinginan semata, namun apa yang benar-benar mereka butuhkan. Kebutuhan dasar warga akan terlihat dari sini.

Informasi apa yang menurut anda penting untuk bisa diakses warga?

Walikota Jokowi:  Yang pertama adalah tentang kemiskinan, yang akan membantu kita memperhatikan kelompok miskin. Kita harus memastikan orang miskin berkurang di Kota ini. Data sangatlah penting untuk itu.

Yang kedua adalah data tentang kesehatan – dimana terdapat anak putus sekolah, dan dimana anak hanya bisa bersekolah hingga level sekolah dasar, dan kita harus membantu mereka agar bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ketiga adalah informasi  layanan kesehatan – ini merupakan kebutuhan mendasar. Di daerah mana terdapat epidemi demam berdarah? Dimana terdapat malnutrisi? Informasi ini akan sangat membantu dalam  mengidentifikasi dan menentukan  target aksi. Data akan sangat membantu dalam menemukan solusi untuk masalah-masalah ini.

Apakah menurut anda informasi tentang layanan dasar merupakan sesuatu yang penting bagi masyarakat?

Walikota  Jokowi: Ya, hal ini sangat mutlak diketahui warga _ketua RT, Lurah , camat dan juga pemerintah termasuk saya.

Apakah data itu bisa lebih effektif  di masyarakat jika ditampilkan dengan peta?

Walikota Jokowi: Jika peta itu menunjukkan dimana lokasi masalah dan jika dengan menggunakan peta masyarakat bisa mencari solusi, maka ini sangat baik. Jika masyarakat tidak bisa mencari solusi, baru kemudian lurah, camat dan pemerintah kota perlu membantu masyarakat menerjemahkan data tersebut. Peta sangatlah penting untuk bisa memahami jenis kebijakan apa yang tepat dalam suatu lingkungan tertentu.

Apa yang anda rekomendasikan pada Tim Solo Kota Kita agar bisa berkontribusi pada Musrenbang?

Walikota Jokowi:  Saya berharap tim bisa berkontribusi hingga masalah di RT dan kelurahan terselesaikan – khususnya kebutuhan dasar terkait pendidikan dan kesehatan. Ini merupakan masalah yang penting untuk ditanggulangi.

Apa prioritas kedepan anda dalam membangun Kota Solo ini?

Walikota Jokowi: Yang paling penting adalah memastikan tidak ada anak yang tidak sekolah dan bisa sampai pada level yang lebih tinggi, dan tidak ada anak dengan problem kesehatan. Ini merupakan prioritas saya _ baru kita bisa berbicara tentang pembangunan fisik, ekonomi rakyat, dan masalah lain di kota ini. Anak-anak adalah masa depan negeri ini.